What’s Hot

Kenaikan Nomor Atom, Penyusun tabel Periodik Modern

Susunan Tabel Periodik Modern berdasarkan Kemiripan Sifat. Nomor Atom menyatakan Jumlah Elektron. Sebaran Elektron dalam Atom dinyatakn dalam Konfigurasi Elektron.
Periode

Hubungan Sistem Periodik dengan Konfigurasi Elektron

Tabel Periodik  Modern disusun berdasarkan Kenaikan Nomor Atom dan Kemiripan Sifat. Nomor Atom menyatakan Jumlah Elektron, Sementara itu, Sebaran Elektron dalam Atom dinyatakan sebagai Konfigurasi Elektron.

Periode

Tabel Periodik panjang terdiri atas 7 Periode. Setiap Periode dimulai dengan pengisian orbital ns dan diakhiri dengan orbital np dengan konfigurasi penuh. Dengan Demikian, Periode dinyatakan dengan jumlah kulit. Nomor periode diatas kebawah menunjukan bilangan kuantum utama terbesar yang dimiliki oleh atom unsur yang bersangkutan. Oleh karena itu, periode 1 memiliki n = 1, periode 2 memiliki n=2.
Contoh :
Unsur 42Mo Konfigurasi Elektronya 1s2 2s2 2s6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s1 4d5 atau [Kr] 5s1 4d5
Kulit terbesar n=5 sehingga 42Mo dalam tabel periodik unsur berada dalam periode 5.
Pengisian elektron untuk unsur-unsur pada periode 6, setelah orbital 6s terisi penuh elektron, kemudian elektron mengisi 1 orbital 5d baru ke orbital 4f. pengisian orbital ini menghasilkan konfigurasi unsur-unsur lantanida. selanjutnya elektron kembali mengisi orbital 5d dan akhirnya 6p. Setelah orbital 7s terisi penuh, elektron mengisi satu orbital 6d, kemudian 5f baru orbital 5d.
Jadi, Kenaikan Nomor atom, Kemiripan Sifat, dan Konfigurasi Elektron memiliki hubungan yang sangat erat dalam tabel Periodik Modern. Sekian tambahan dari postingan Kimia kali ini, kalau boleh tinggalkan kritik yah?!!


0 komentar:

Poskan Komentar